Total Tayangan Halaman

Selasa, 30 November 2010

6.PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT.



           Pelapisan sosial  adalah stratifikasi, berasal dari kata strata atau stratum yang berarti lapisan. Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya.
Ukuran kekayaan
          Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial,. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun kebiasaannya dalam berbelanja.
Ukuran kekuasaan dan wewenang
          
     Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan.dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya, atau sebaliknya, kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.
Pelapisan sosial terjadi karena beberapa faktor:
1.)Terjadi dengan sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat, orang yang menduduki posisi tertentu bukan atas kesengajaan tetapi secara otomatis. Misalnya karena usia tua, atau kerabat membuka tanah.
2.)Terjadi dengan sengaja untuk mengejar tujuan bersama.
             Dalam pelapisan ini ditentukan secara jelas adanya wewenang dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang. Teori pelapisan sosial dibagi menurut masyarakatnya yang terdiri dari :
upper class
upper middle class
middle class
lower middle class
lower class.
3.) Kesamaan Derajat
Kesamaan derajat adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbale balik, artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara.
Hak dan kewajiban penting ditetapkan dalam undang-undang/konstitusi. Undang-undang tersebut berlaku bagi semua orang tanpa kecuali dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai factor kehidupan.
Elite dan Massa
Elite
Secara umum, Elite menunjukan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Sedangkan dalam arti lebih khusus yaitu sekelompok orang-orang terkemuka dibidang-bidang tertentu dan khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan.
Massa
Istilah mAssa digunakan untuk menunjukan suatu pengelompokkan kolektif yang elementer dan spontan. Hal-hal penting dalam massa:
1)      Berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial
2)      Merupakan kelompok yang anonim, atau tersusun dari individu-individu anonym
3)      Sedikit sekali interaksi atau bertukar pengalaman antar anggotanya
4)      Very loosely organized tidak bisa bertindak secara bulat seperti suatu kesatuan
Peranan Elite terhadap Massa
Elite sebagai minoritas yang memiliki kualifisikasi tertentu sebagai kelompok penentu dan berperan dalam masyarakat diakui secara legal oleh masyarakat. Kelompok elite penentu lebih banyak berperan dalam mengembang fungsi sosial.
sumber:buku isd gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar